Membandingkan Debut Mikel Arteta dan Arsene Wenger di Eropa, Siapa Lebih Baik?

 274 total views,  1 views today

 Mikel Arteta baru saja menjalani laga debutnya sebagai manajer Arsenal di kompetisi Eropa. Hasilnya, gemilang. Mikel Arteta membawa Arsenal meraih kemenangan atas Olympiokos.

Mikel Arteta melatih Arsenal sejak Desember 2019 lalu. Pria berusia 37 tahun ditunjuk setelah Freddie Ljungberg gagal menjadi pengganti Unai Emery yang dipecat manajemen Arsenal.

Sosok Mikel Arteta sudah tidak asing bagi klub asal London Utara. Sebab, dia pernah bermain untuk Arsenal pada 2011 hingga 2016. Arsenal menjadi klub terakhir yang dibelanya sebagai pemain.

Selama membela Arsenal dengan status pemain, Mikel Arteta memberikan empat gelar juara. Pria asal Spanyol itu meraih gelar Piala FA [2013/2014 dan 2014/2015] dan Community Shield [2014 dan 2015]. Bukan catatan yang buruk.

 

 

1 dari 2

Debut Mikel Arteta dan Arsene Wenger di Eropa

Arsene Wenger
Arsene Wenger

Debut Mikel Arteta sebagai manajer Arsenal di laga Eropa terjadi pada Jumat (21/2/2020) dini hari WIB di Stadio Georgios Karaiskáki. Arsenal menantang Olympiakos pada leg pertama babak 32 Besar Liga Europa.

Arsenal tampil cukup bagus pada laga tandang ini. Walau tidak diperkuat sejumlah pemain inti, Arsenal menang dengan skor 1-0. Gol tunggal dicetak Alexandre Lacazette pada menit 81 usai menerima umpan Bukayo Saka.

Debut Mikel Arteta bersama Arsenal di laga Eropa berjalan mulus. Lalu, pada apa yang terjadi dengan debut Arsene Wenger di kompetisi Eropa?

Ada persamaan antara debut Mikel Arteta dan Arsene Wenger di laga Eropa. Keduanya memainkan laga Liga Europa [dulu UEFA Cup]. Lawannya pun sama, klub asal Yunani. Wenger lawan PAOK dan Arteta lawan Olympiakos.

Bedanya, jika Arteta bisa meraih kemenangan 1-0, maka Wenger kalah 1-0 pada laga debut Eropa-nya sebagai manajer Arsenal. Saat itu, gol PAOK dicetak Kostas Frantzeskos pada menit ke-61.

 

 

2 dari 2

Laju Positif Arsenal Bersama Mikel Arteta

Performa Arsenal memang belum konsisten, tetapi bersama Mikel Arteta, klub menunjukkan tanda yang positif. Pada era Mikel Arteta, Arsenal baru sekali kalah dari 11 laga yang sudah dimainkan.

Hasilnya memang tidak cukup bagus. Hanya lima kemenangan, tetapi ada tanda positif dari klub London Utara bersama Mikel Arteta. Apalagi, dalam tiga laga terakhir, Arsenal tidak pernah kebobolan.

Di pentas Premier League, Arsenal mulai mengintip peluang untuk lolos ke zona Eropa. Saat ini Arsenal berada di posisi ke-10 dengan raihan 34 poin. Arsenal terpaut tujuh poin saja dari Chelsea yang berada di posisi ke-4 klasemen.