Peluang Gareth Bale ke China Bakal Kandas

272 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Peluang Gareth Bale untuk hengkang dari Real Madrid ke Liga Super China bersama klub Jiangsu Suning bakal kandas.

Setelah sempat dikabarkan terjalin kesepakatan antara agen Bale dan pihak klub soal kemungkinan ke Suning, masa depan penyerang asal Wales itu kembali tak jelas.

Padahal, Suning disebut sudah mengajukan penawaran gaji sebesar 1 juta poundsterling atau setara Rp17 miliar per pekan. Pihak Bale pun dikabarkan sepakat. Namun, kesepakatan dengan Madrid kembali mentah.

Peluang Gareth Bale ke China Bakal Kandas

Ada sejumlah faktor yang membuat Bale kemungkinan batal ke China. Namun setidaknya ada dua faktor utama penyerang 30 tahun bakal kandas. Berikut dua faktor utama tersebut:

1. Masalah Transfer

Persoalan transfer menjadi penghalang utama Bale bakal merumput ke China. Pihak Madrid disebut tidak setuju melepas pemainnya dengan harga 22 juta euro (Rp343 miliar) yang ditawarkan Suning.

Angka tersebut dinilai Los Blancos terlalu kecil meski ada keinginan pihak klub untuk melepasnya.

Transfer Bale dari Madrid ke Suning mengalami jalan buntu.
Transfer Bale dari Madrid ke Suning mengalami jalan buntu.

Di satu sisi, Suning tak akan mungkin membayar biaya transfer lebih besar lagi. Terlebih ada aturan pajak yang sangat tinggi diterapkan China.

Pemerintah China menerapkan pajak sejumlah nilai transfer yang dibayarkan klub ke klub lain termasuk ke klub luar negara itu. Sementara Madrid disebut-sebut baru mau melepas Bale dengan nilai sekitar 40 juta euro.

2. Larangan Keluarga

Gaji setinggi langit tampaknya tak akan membuat keluarga Bale silau. Mereka bahkan meminta sang agen, Jonathan Barnett, untuk mencari alternatif lain di Eropa.

Pihak keluarga tak menghendaki Bale ke China.
Pihak keluarga tak menghendaki Bale ke China.

Pihak keluarga menganggap kepindahan Bale ke China merupakan sebuah penurunan drastis dari karier pemain tersebut. Bale sendiri termasuk pemain yang sangat mendengarkan masukan dari orang tua maupun istri soal kariernya di sepak bola.

Di lain pihak, sulit bagi Bale untuk tetap bertahan di Madrid. Pasalnya, sang pelatih, Zinedine Zidane, masih tidak menghendaki Bale ada di skuat tersebut.